Skripsi
Pendidikan Soft Skill Bagi Peserta Didik (Kajian Ayat Al-Qur`an Surat Al-`Ashr : 1-3)
Latar belakang penelitian ini adalah dalam berkomunikasi ataupun interaksi, hal tersebut sering diteorikan dalam berbagai disiplin ilmu pendidikan, seperti halnya pendidikan sosial. Pendidikan adalah proses sepanjang hayat sebagai perwujudan pembentukan diri secara utuh, pengembangan segenap potensi dalam rangka penentuan semua komitmen manusia sebagai individu, sekaligus sebagai makhluk sosial dan makhluk Tuhan. Dalam membentuk sikap sosial yang positif pada peserta didik maka dibutuhkan lantaran dalam pencapaian tersebut dimana pendidikan sosial merupakan objeknya. Pendidikan sosial seperti berkomunikasi, berinteraksi dan lain sebagainya dapat diartikan dengan pendidikan soft skill atau pendidikan yang berfokus pada pembentukan kemampuan potensial sosial pada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk para pengajar dalam ruang lingkup pendidikan sepertihalnya orang tua dalam ruang lingkup keluarga, pendidik atau guru dalam ruang lingkup sekolahan, dan ataupun dalam ruang lingkup pergaulan pada lingkungan bergaul dari setiap peserta didik dalam mengembagkan dan membiasakan pendidikan soft skill ataupun pendidikan sosial.
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan beberapa metode yang diantaranya adalah metode kepustakaan (literer) yaitu salah satu jenis penelitian kualitatif yang lokasi atau tempat penelitiannya dilakukan di pustaka, dokumen, arsip, serta menganalisis buku-buka yang berkaitan dengan skripsi. Sedeangkan analisis datanya penulis menggunakan metode deskriptif dan metode maudu’i.
Hasil penelitian ini menjelskan tentang bagaimana cara menanamkan pendidikan Soft Skill pada anak didik dengan langkah-langkah yang dimuat dalam pendidikan untuk mengembangkan pendidikan Soft Skill pada anak didik serta relevansi pendidikan Soft Skill dalam persepektif Al-Qur’an surat Al- ‘Ashr 1-3.
Kata kunci : Pendidikan Soft Skill, peserta didik.
Tidak tersedia versi lain