Skripsi
Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Keyakinan Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP N 2 Kejajar Tahun Ajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi siswa (2) mengetahui hubungan keyakinan diri dengan prestasi siswa (3) mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan keyakinan diri dengan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian sampel sehingga sampelnya adalah 22 siswa kelas eksperimen. Sampel ini diambil dari populasi kelas VII semester 2 di SMP N 2 Kejajar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 84 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, soal dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengambil data nilai kecerdasan emosional dan keyakinan diri siswa. Soal digunakan untuk mengambil data nilai prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif.
Hasil analisis dengan judul di atas menyatakan 1) ada hubungan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa ditunjukan dari hasil perolehan r hitung lebih besar dari r tabel (0.509 > 0.423) dengan taraf kesalahan relatif 5% 2) ada hubungan signifikan antara keyakinan diri dengan prestasi belajar siswa ditunjukan dari hasil perolehan r hitung lebih besar dari r tabel (0.454 > 0.423) dengan taraf kesalahan relatif 5% 3) ada hubungan signifikan antara kecerdasan emosional dan keyakinan diri dengan prestasi belajar siswa ditunjukan dari hasil uji hipotesis dengan teknik korelsi ganda dengan taraf kesalahan relatif 5% diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel (4,027 > 3.25). Sehingga diketahui hubungan sebesar 0.546 menunjukan pengaruh sedang. Konstribusi sumbangan secara stimulan variabel kecerdasan emosional dan keyakinan diri siswa adalah 29% sedangkan 71% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Keyakinan Diri, Prestasi Belajar
Tidak tersedia versi lain