Skripsi
Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Pada Peserta Didik Kelas VIII MTS Negeri Kalibeber Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pembelajaran Fiqih kelas VIII MTs Kalibeber Wonosobo sebelum menggunakan metode NHT (Numbered Head Together); 2). Mengetahui penerapan metode kooperatif learning NHT (Numbered Heads Together) pada mata pembelajaran Fiqih kelas VIII MTs Kalibeber Wonosobo; 3). Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Kalibeber dalam pembelajaran Fiqih setelah menggunakan metode kooperatif learning NHT (Numbered Heads Together).
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakandesain penelitian satu kelompok eksperimen dengan pre-test (pretest-posttest control group design).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dan Kelas VIII F MTs Negeri Kalibeber yang berjumlah 74 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sebelum pembelajaran kedua kelompok diberikan soal pretest. Siswa kelompok eksperimen diberi pelajaran dengan menggunakan metode NHT (Numbered Heads Together) sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dikenakan tes akhir berupa soal tes tertulis. Kemudian hasilnya diolah dianalisis dan dibandingkan menggunakan uji gain scor dan uji T-tes untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Fiqih dan perbedaan antara kedua kelompokyang teliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode NHT dapat meningkatkan prestasi belajar Fiqih siswa kelas VIII MTs Negeri Kalibeber. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji T diperoleh nilai thitung > ttabel(4,58>2,64) dengan taraf signifikan 0,05, sehingga Ha diterima han Ho ditolak. Selain itu, terdapat perbedaan rata-rata antara kelompok eksperiment dan kelompok kontrol ha ini dibuktikan dengan perhitungan uji gain kelas eksperimen 0,32 dan kelompok kontrol sebesar -0,14. Dari beberapa hasil beberapa analisis tersebut, maka hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode NHT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata kunci: Metode NHT (Numbered Heads Together), prestasi belajar Fiqih
Tidak tersedia versi lain