Skripsi
Efektivitas Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Dengan Metode Menyanyi Pada Siswa Kelas VII MTS Negeri Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran MufradatBahasa Arab dengan metode menyanyi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Wonosobo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs Negeri Wonosobo yang berjumlah 305 siswa. Sampel yang diambil adalah 2 kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentsi.
Data hasil analisis akhir mengguanakan uji-t dan uji gain. Hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa hasil dari thitung = 35,73 dan ttabel = 1,66, berati thitung> ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Wonosobo yang menggunakan metode menyanyi dengan metode ceramah (konvensional). Dari uji gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0,35 dengan kriteria sedang. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai 0,018 dengan kriteria rendah. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang berbeda pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode menyanyidan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional.
Kata Kunci: Efektivitas, Metode Menyanyi, Prestasi Belajar
Tidak tersedia versi lain