Skripsi
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangkal Gerakan Radikalisme Agama (Studi di SMA Takhassus Al-Qur`an)
Latar belakang dari penelitian ini adalah sering munculnya fenomena sikap radikal masyarakat golongan tertentu untuk menunjukkan eksistensi dan opini mereka. Kekerasan menjadi cara yang sering dilakukan untuk memprotes kebijakan pemerintah yang kadang tidak sesuai dengan kehendak mereka. Yang menjadi sasaran utama adalah para remaja yang kurang dalam pemahaman agamanya. Menangkal radikalisme agama memang tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah atau tokoh agama yang ada di masyarakat saja. Namun, pendidikan juga memiliki kendali yang besar dalam menangkal penyebaran paham-paham radikal, yaitu melalui peran dan strategi dari guru agama. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai, diantaranya untuk mengetahui gerakan organisasi keagamaan yang ada di SMA Takhassus Al-Qur’an, untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam di SMA Takhassus Al-Qur’an dalam menangkal gerakan radikalisme agama dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menangkal gerakan radikalisme agama di SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA Takhassus Al-Qur’an. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari itu dapatlah ditarik menjadi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi siswa dan kegiatan organisasi keagamaan di SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber sudah baik. Strategi yang dilakukan guru PAI SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber adalah strategi yang bersifat umum dan strategi yang bersifat khusus. Dalam pelaksanaannya, terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung seperti faktor kecakapan dan keahlian kepala sekolah SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber, jalinan yang erat antara guru PAI dengan siswa, serta fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor yang menghambat diantaranya yaitu, faktor keberagaman siswa dan faktor kreativitas guru.
Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, Radikalisme Agama
Tidak tersedia versi lain