Skripsi
Pengaruh Faktor Usia Terhadap Prestasi Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I di MI Ma'arif Kebondalem Kec. Mojotengah Kab. Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang Pengaruh Faktor Usia Terhadap Prestasi Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Di Mi Ma’arif Kebondalem Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk pembelajaran selanjutnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar MI Ma’arif Kebondalem. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah adanya hasil prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yang baik akibat pengaruh pola asuh orang tua terhadap anaknya usia masuk siswa kelas I dalam menyongsong cita-cita dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh usia masuk siswa kelas I dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia
Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif Kebondalem, jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif, untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, interview dan dokumentasi, yaitu untuk mengetahui usia masuk siswa terhadap prestasinya dan menggunakan nilai ulangan harian semester genap untuk mengetahui nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia. Polpulasi adalah siswa kelas I MI Ma’arif Kebondalem tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Dari populasi 164 siswa diambil 15% yaitu 25 siswa.
Hasil penelitian menggunakan perhitungan korelasi product moment diperoleh angka 0,67 dengan n = 25 diketahui signifikan 5 % = 0,396 dan taraf signifikan 1% = 0,505 sehingga nilai rxy lebih besar dari r table (0,67 > 0,396) dan (0,67 > 0,505) dan termasuk dalam interpretasi antara 0,600 – 0,800 termasuk dalam kategori tinggi, sedang untyk pengujian signifikan data diperoleh t= 4,32 lalu dikonsultasikan pada taraf signifikan 5% t table nilai kritis dengan n = 23 didapat t table = 1,71 ternyata harga t hitung lebih besar dari t table (4,32 > 1,71) maka hipotesa alternative disetujui atau diterima, jadi hasil penelitian menunjukan adanya korelasi yang cukup dan positif antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas VII SMP N 1 Kejajar tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Usia Anak Didik, Prestasi Belajar dan Bahasa Indonesia.
Tidak tersedia versi lain