Skripsi
Korelasi Antara Interaksi dan Sikap Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA N 1 Watumalang
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hubungan interaksi siswa terhadap guru dengan hasil belajar fisika (2) mengetahui hubungan sikap siswa terhadap pelajaran dengan hasil belajar fisika (3) mengetahui hubungan interaksi siswa terhadap guru dan sikap siswa terhadap pelajaran dengan hasil belajar fisika.
Penelitian ini adalah penelitian sampel sehingga sampelnya adalah 48 siswa kelas eksperimen. Sampel ini diambil dari populasi kelas XI semester 2 di SMA N 1 Watumalang tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 164 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi nilai. Observasi digunakan untuk mengambil data nilai interaksi siswa terhadap guru fsisika, angket digunakan untuk mengambil data nilai sikap siswa terhadap pelajaran fisika dan interaksi siswa terhadap guru fisika yang bertujuan untuk memperkuat data observasi. Dokumentasi nilai digunakan untuk mengambil data nilai hasil belajar fisika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif.
Hasil analisis dengan judul di atas menyatakan 1) ada hubungan signifikan antara interaksi siswa terhadap guru dengan hasil belajar fisika ditunjukan dari hasil perolehan r hitung observasi lebih besar dari r tabel (0,485 > 0,368 dan 0,284) dan r hitung angket lebih besar dari r tabel (0,583 > 0,368 dan 0,284) dengan taraf kesalahan relatif 1% dan 5% 2) ada hubungan signifikan antara sikap siswa terhadap pelajaran dengan hasil belajar fisika ditunjukan dari hasil perolehan rhitung lebih besar dari r tabel (0,748 > 0,368 dan 0,284) dengan taraf kesalahan relatif 1% dan 5% 3) ada hubungan signifikan antara interaksi siswa terhadap guru dan sikap siswa terhadap pelajaran dengan hasil belajar fisika ditunjukan dari hasil uji hipotesis dengan teknik korelsi ganda dengan taraf kesalahan relatif 1% dan 5% diperoleh Rhitung lebih besar dari Rtabel (0,763 > 0,368 dan 0,284). Sehingga
diketahui hubungan sebesar 0,763, menunjukan pengaruh kuat. Konstribusi sumbangan secara stimulan variabel interasksi dan sikap siswa adalah sebesar 58,21% dan 41,79% dipengaruhi faktor-faktor yang lain.
Kata Kunci: Interaksi, Sikap, Hasil Belajar Fisika
Tidak tersedia versi lain