Skripsi
Pendidikan Karakter Sikap Sosial Siswa Melalui Materi IPA Simbiosis Kelas IV di MI Muhammadiyah Linggasari Kecamatan Wanadadi Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter sikap sosial pada siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Linggasari, bagaimana peran materi IPA simbiosis kelas IV dalam pembentukan karakter sikap sosial siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Linggasari, upaya yang dilakukan guru dalam pembentukan karakter sikap sosial siswa kelas IV.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, dengan metode penelitian lapangan dan penggunaan angket sebaga penguat dari deskripsi data. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Linggasari yang berjumlah 10 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Pendidikan karakter di MI Muhammadiyah Linggasari terbilang sangat baik melalui beberapa pembiasaan dan pemasanga slogan yang mengarah pada penanaman karakter. Adapun pengaruhnya, pembelajaran IPA materi simbiosis sangat positif dan perannya sangat baik. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai angket sikap sosial pada tepatnya adalah 157.25 yang dibulatkan menjadi 157. Sesuai dengan tabel angket tersebut dalam interval 152-160 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dan juga penggunaan metode mengajar yang cocok untuk pembentukan karakter sikap sosial seperti metode diskusi, dan yang terpenting ini guru sebagai contoh yang baik buat perserta didik.
Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Sikap Sosial, Materi IPA Simbiosis.
Tidak tersedia versi lain