Skripsi
Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Dengan Sistem Kredit Semester (SKS) (Studi Kasus di SMA Takhasus Al-Qur'an Kalibeber Wonosobo)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran Fisika dengan SKS, (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Fisika dengan SKS, (3) bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran fisika dengan SKS.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru Fisika SMA Takhasus Al- Qur’an Kalibeber Wonosobo. Teknik pengumpulan data berupa teknik pengisian lembar angket, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian berupa lembar angket, lembar dokumentasi, dan lembar wawancara yang digunakan untuk menilai ketercapaian pelaksanaan SKS. Lembar angket diisi oleh peserta didik semester II dan semester IV. Lembar dokumentasi digunakan untuk melihat kelengkapan data guru berupa silabus dan RPP, data peserta didik berupa KRS dan KHS, dan dokumen lain yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran dengan SKS. Lembar wawancara digunakan sebagai pedoman wawancara dengan WK. Kurikulum Sekolah dan wawancara tidak terstruktur dengan guru dan peserta didik. Instrumen divalidasi menggunakan validasi isi dan konstruk oleh ahli. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data hasil angket.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran Fisika dengan SKS dikategorikan cukup baik dengan persentase 61,59%, (2) pelaksanaan pembelajaran Fisika dengan SKS dikategorikan cukup baik dengan persentase 75,56%, (3) evaluasi pelaksanaan pembelajaran Fisika dengan SKS dikategorikan cukup baik dengan persentase 74,63%.
Kata Kunci: Pembelajaran Fisika, Sistem Kredit Semester
Tidak tersedia versi lain