Skripsi
Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode Discovery Learning dan Inquiry (Studi Kasus Pembelajaran IPA Kelas VIII Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 Sub Bahasan Cahaya di SMP Al Madina Wonosobo)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Langkah-lngkah pembelajaran discovery learning dan inquiry 2) Adanya peningkatan keterampilan proses sains peserta didik . 3) Adanya perbedaan peningkatan keterampilan proses sains dan prestasi belajar IPA peserta didik antara kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk quasi eksperimen. Peserta didik dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 1 dan eksperimen 2. Tahap-tahap pembelajaran dengan metode discovery learning antara lain: stimulus (memberikan pertanyaan), problem statement (mengidentifikasi masalah), data collection (mengumpulkan informasi), data processing (pengolahan data dan pengklasifikasian), verification (pembuktian hipotesis), dan generalization (penarikan kesimpulan). Sedangkan tahap-tahap pembelajaran inquiry antara lain: orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Populasi penelitian sampel diambil berdasarkan proportionate stratified random sampling. Kemudian diperoleh sampel penelitian 19 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan pembelajaran IPA dengan metode discovery learning dan 20 peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan pembelajaran IPA dengan metode inquiry.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa : melalui kegiatan observasi pada pembelajaran IPA dengan metode discovery learning, prosentase keterampilan proses sains peserta didik yang diperoleh adalah sebesar 66,7% dan melalui uji hipotesis t-test diperoleh = 2,551 dan = 2,0105 pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji N gain menunjukkan terdapat peningkatan prestasi belajar IPA peserta didik sebesar 0,263 dengan kriteria rendah.
Kata Kunci: discovery learning, inquiry, keterampilan proses sains, prestasi belajar IPA
Tidak tersedia versi lain