UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode Discovery Learning dan Inquiry (Studi Kasus Pembelajaran IPA Kelas VIII Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 Sub Bahasan Cahaya di SMP Al Madina Wonosobo)

Yulita Endah Purwantari - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Langkah-lngkah pembelajaran discovery learning dan inquiry 2) Adanya peningkatan keterampilan proses sains peserta didik . 3) Adanya perbedaan peningkatan keterampilan proses sains dan prestasi belajar IPA peserta didik antara kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk quasi eksperimen. Peserta didik dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 1 dan eksperimen 2. Tahap-tahap pembelajaran dengan metode discovery learning antara lain: stimulus (memberikan pertanyaan), problem statement (mengidentifikasi masalah), data collection (mengumpulkan informasi), data processing (pengolahan data dan pengklasifikasian), verification (pembuktian hipotesis), dan generalization (penarikan kesimpulan). Sedangkan tahap-tahap pembelajaran inquiry antara lain: orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Populasi penelitian sampel diambil berdasarkan proportionate stratified random sampling. Kemudian diperoleh sampel penelitian 19 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan pembelajaran IPA dengan metode discovery learning dan 20 peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan pembelajaran IPA dengan metode inquiry.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa : melalui kegiatan observasi pada pembelajaran IPA dengan metode discovery learning, prosentase keterampilan proses sains peserta didik yang diperoleh adalah sebesar 66,7% dan melalui uji hipotesis t-test diperoleh = 2,551 dan = 2,0105 pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji N gain menunjukkan terdapat peningkatan prestasi belajar IPA peserta didik sebesar 0,263 dengan kriteria rendah.
Kata Kunci: discovery learning, inquiry, keterampilan proses sains, prestasi belajar IPA





Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
4322FITK2017
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4322 YUL p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Discovery Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Yulita Endah Purwantari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?