Skripsi
Persepsi Siswa Tentang Kedisiplinan Guru Pengaruhnya Terhadap Sikap Siswa Pada Guru di SMP Negeri 1 Mandiraja Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang kedisiplinan guru di SMP Negeri 1 Mandiraja Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui sikap siswa pada guru di SMP Negeri 1 Mandiraja Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017 serta untuk mengetahui pengaruh antara persepsi siswa tentang kedisiplinan guru terhadap sikap siswa pada guru SMP Negeri 1 Mandiraja Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dimana analisis yang digunakan adalah analisis statistik, guna mencari tingkat korelasi atau yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Penelitian kuantitatif mempunyai konsekuensi bahwa seorang peneliti harus bekerja dengan angka-angka sebagai perwujudan dari semua yang diamati. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan wawancara. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dengan menggunakan rumus t-test.
Berdasarkan analisis statistik dengan rumus t-test pada uji hipotesis dua pihak tentang persepsi siswa tentang kedisiplinan guru terhadap sikap siswa pada guru diperolah nilai t hitung sebesar 3,914 kemudian dibandingkan dengan harga t tabel dengan harga n-2 = 46. Untuk derajat kebebasan (dk) 46 dan taraf kesalahan α = 5%, maka t tabel diperoleh harga sebesar, 1,678 dengan demikian harena harga t hitung lebih besar dari harga t tabel atau jatuh pada penerimaan Ha (3,914>1,678) maka Ha yang berbunyi ada pengaruh persepsi siswa tentang kedisiplinan guru terhadap sikap siswa pada guru di SMP Negeri 1 Mandiraja Kabupaten Banjarnegara dapat diterima dan hipotesis nihil ditolak. Artinya persepsi siswa tentang kedisiplinan guru berpengaruh terhadap sikap siswa pada guru yang belaku sebaliknya. Dengan demikian maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Kedisiplinan Guru, Sikap Siswa.
Tidak tersedia versi lain