Skripsi
Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Permainan Acak Huruf Siswa Kelas IV SD Islam Ngadirejo Tahun Pelajaran 2016/2017
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab kelompok eksperimen (kelompok yang mengikuti pembelajaran menggunakan permaianan acak huruf) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan permainan acak huruf).
Penelitianinidilaksanakanmulaibulanfebruarisampaimaret 2017.Jenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatif, denganmetodeeksperimenmenggunakandesainPretest-Posttest Control Group Design.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas IV di SD Islam Ngadirejotahunpelajaran 2016/2017 sebanyak 65 siswa.Adapunteknikpengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikobservasi, wawancara, dokumentasidan test.Sedangkanpengkajianintrumenujivaliditasdanujireliabilitas.Berdasarkanhasiluji t disimpulkanbahwaterdapatperbedaanpenguasaankosa kata bahasa Arab anatarakelompokeksperimendankelompokkontrol.
Hasiliniditunjukanberdasarkanperolehanhasilhipotesisuji t tarafsignifikasi 1% thitung= 7,05dandk= 63 didapatkanttabel= 2,66karenathitung>ttabel. Dan diperolehnilai rata-rata posttest untukkelompokekperimensebesar 85,19, sedangkanuntukkelopmokkontrolsebesar 80,18, dari rata-rata peningkatanpenguasaankosa kata bahasa Arab tersebut, kelompokeksperimenmenunjukanpeningkatan yang lebihtinggi, yaknisebesar 5,01, denganmelihatperbedaansekor yang diperolehmasing-masingkelompokmenunjukanbahwapermaianacakhurufdapatditerapkanuntukmeningkatkanpenguasaankosa kata bahasa Arab siswa., dandapatdijadikansebagaialternativdalampembelajaranbahasa Arab khususnyadalampenguasaankosa kata bahasa Arab siswa.
Kata Kunci:Permainan, AcakHuruf, Kosakata, BahasaArab.
Tidak tersedia versi lain