Skripsi
Upaya Guru Agama Dalam Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa-Siswi di SMP Takhassus Al-Qur'an Tahun 2016/2017
Pada era globalisasi ini, lembaga pendidikan diharapkan pada perkembangan zaman yang begitu pesat. Perkembangan dan kemajuan zaman itu sendiri memiliki dampak positif dan negatif pada peradaban manusia. Masalah dampak negatif yang perlu menjadi perhatian antara lain adalah kepribadian dan prilaku (khususnya) remaja usia sekolah yang tidak mencerminkan kepribadian sebagai seorang Muslim dan adat-istiadat bangsa Indonesia. Terjadinya tindakan dan prilaku menyimpang pada remaja usia sekolah seperti halnya perkelahian, mengkonsumsi narkoba, minum-minuman keras, serta lunturnya sikap sopan santun kepada orang yang lebih dewasa dan lain sebagainya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru agama dalam pembinaan kepribadian Muslim siswa-siswi di SMP Takhassus al-Qur’an, yang selanjutnya dirumuskan kedalam tiga hal, yaitu: bagaimana upaya guru agama dalam pembinaan kepribadian Muslim siswa-siswi, metode apa saja yang digunakan guru agama, faktor pendukung dan penghambat.
Jenis dan pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk studi kasus, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian, dapat difahami bahwa dengan upaya dan kerjasama berbagai pihak terkait dalam sekolah, maka upaya pembinaan kepribadian Muslim terhadap siswa-siswi dapat terwuud. Yaitu kepribadian yang sesuai dengan norma dan aturan agama Islam. Sifat-sifat ini tercermin dalam prilaku keseharian sebagai Muslim yang taqwa, disiplin, sabar, taat dan patuh kepada kedua orang tua.
Kata kunci: Upaya, Membina Kepribadian Siswa-siswi
Tidak tersedia versi lain