Skripsi
Penerapan Metode Mim-Mem dan Bernyanyi Guna Meningkatkan Penguasaan Mufrodat di Pondok Pesantren Ulumul Qur'an Kalibeber Wonosobo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran bahasa Arab dalam penguasaan mufrodat dengan metode Mim-mem dan Bernyanyi guna meningkatkan kemahiran berbicara (Maharoh Al-kalam) di Pondok Pesantren Ulumul Qur`an Kalibeber Wonosobo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah sebagian santri Pondok Pesanteren Ulumul Qur`an. Sampel yang diambil adalah 2 kelas , yaitu kelas wustho putri sebagai kelas eksperimen, dan kelas wustho putra sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Data hasil penelitian akhir menggunakan uji-t dan uji gain. Hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa hasil diperoleh thitung sebesar 14,79, Dan ttabel dengan dk 66 dan taraf kesalahan 5%, maka ttabel = 2,000, berarti thitung> ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar bahasa Arab santri Pondok Pesantren Ulumul Qur`an yang menggunakan metode Mim-mem dan Bernyanyi dengan metode konvensional. Hasil uji g kelas kontrol diperoleh hasil 0,07. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kelas kontrol rendah, karena hasil uji g yaitu 0,07
Tidak tersedia versi lain