Skripsi
Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual dan Pendidikan Sosial yang Terkandung Dalam Shalat Berjama'ah (Kajian Buku Shalat Bukan Sekedar Ritual Karya Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag dan Asep Salahudin, M.A)
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan spiritual dalam shalat berjamaah menurut Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag. dan Asep Salahudin, M.A, (2) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan sosial dalam shalat berjamaah menurut Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag. dan Asep Salahudin, M.A (3) Untuk mengetahui bagaimana kontekstualisasi nilai pendidikan spiritual dan pendidikan sosial dalam shalat berjamaah.
Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif yang mana penelitian dilakukan melalui penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber yang digunakan yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis isi dan wacana.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) nilai-nilai pendidikan spiritual dalam shalat berjamaah menurut Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag. dan Asep Salahudin, M.A. meliputi; shalat menaikkan kualitas jiwa, shalat terapi keresahan jiwa, shalat dengan ikhlas, shalat dan hati yang tenteram, shalat dengan penuh kesadaran, shalat dan jiwa yang suci, shalat dan hati yang teguh, shalat dan hati yang bersih, dan shalat prosesi mengenali diri, (2) Nilai-nilai pendidikan sosial dalam shalat berjamaah menurut Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag. dan Asep Salahudin, M.A. meliputi; pesan sosial dalam sidratul muntaha, shalat tanha ‘an al fahsya wa al-munkar, shalat dan pesan perdamaian, makna sosial imam-makmum (shalat dan kebebasan individu, dan jamaah), dan shalat risalah anti kekerasan, (3) Kontekstualisasi nilai pendidikan spiritual dan pendidikan sosial dalam shalat berjamaah dalam buku Salat Bukan Sekadar Ritual yaitu belum terealisasikannya makna spiritual dan makna sosial dalam shalat berjamaah di masyarakat kita. Oleh karena itu, dalam buku Salat Bukan Sekadar Ritual di sana diajarkan bagaimana seorang mukmin shalat tidak hanya sekedar shalat, dan pengaruhnya yang sangat luar biasa bagi ruhaniah kita, yang sekaligus akan tercermin dalam kehidupan sosial. Seperti Umar bin Khathab dalam memimpin untuk dapat melaksanakan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan Islam kontemporer.
Kata Kunci : pendidikan spiritual, pendidikan sosial, shalat berjama’ah
Tidak tersedia versi lain