Skripsi
Penggunaan Media Word Wall Untuk Peningkatan Kosakata Bahasa Arab MI Ma'arif Kalibeber Mojotengah Wonosobo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan menggunakan media Word wall dalam pembelajaran bahasa Arab kelas V MI Ma’arif Kalibeber Mojotengah Wonosobo, untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas V MI Ma’arif Kalibeber Mojotengah Wonosobo setelah menggunakan media Word Wall, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada siswa yang menggunakan media Word Wall dalam pembelajaran bahasa Arab.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V MI Ma’arif Kalibeber yang berjumlah 62 siswa. Sampel yang diambil adalah 2 kelas, yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Penggunaan media Word Wall pada kelas eksperimen mula-mula dapat dilakukan dengan hal-hal yang sederhana dalam kosakata, struktur kalimat-kalimat menuju kepada yang complete. Penggunaan kosakata dalam penelitian ini yaitu pada materi فِى الْفَصْلِ dapat diklarifikasikan melalui urutan kata-kata benda yang ada dan diketahui anak didik di lingkungannya (sekolah) dan juga bentuk-bentuk kata kerja bahasa asing yang harus dihafal. Barulah kemudian diajarkan dan diarahkan pada kemampuan penguasaan struktur kalimat-kalimat yang sederhana, hingga akhirnya sampai pada kalimat yang complete sekalipun (kalimat lengkap). Data hasil analisis akhir menggunakan uji gain dan uji t. Hasil analisis uji gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0,81 dengan kriteria tinggi. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai 0,61 dengan kriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang sama-sama baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan media Word Walldan kelas kontrol dengan yang tidak menggunakan media . Dan uji t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa hasil dari thitung = 6,128 dan ttabel = 2,000, berati thitung> ttabel.
Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab siswa kelas V MI Ma’arif Kalibeber yang menggunakan media Word Wall dengan yang tidak menggunakan media.
Dan uji t dengan taraf signifikan 1% menunjukkan bahwa hasil dari thitung = 5,267 dan ttabel = 2,660, berati thitung> ttabel.
Kata Kunci: Media,Word wall , Kosakata,BahasaArab.
Tidak tersedia versi lain