Skripsi
Pendidikan Karakter Sopan Santun Siswa Melalui Pembiasaan di SD Al Madina Wonosobo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pembiasaan dalam membentuk karakter sikap sopan santun siswa yang ada di SD Al-Madina Wonosobo tahun 2016/2017
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, dengan metode penelitian lapangan dimana peneliti melakukan wawancara secara mendalam guna medapatkan hasil penelitian. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV di SD Al-Madina yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Pendidikan karakter sikap sopan santun siswa tidak hanya dilakukan ketika berada di dalam kelas saja, namun ketika berada di luar kelas juga. Setiap pagi siswa dibiasakan untuk mencium tangan orang tua atau saudaranya yang mengantarkan ke sekolah, kemudian memasuki halaman sekolah guru-guru sudah menyambut siswa siswi untuk bersalaman, kemudian siswa juga diajarkan supaya memanggil teman-temannya dengan sebutan mbak untuk anak putrid an mas untuk putra, serta adik untuk adik kelas. Ketika siang atau waktunya makan bersama, siswa diajarkan untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum makan, kemudian siswa tidak ada yang diperbolehkan makan sambil berdiri atau minum sambil berdiri, untuk siswa siswwi kelas 1 dan 2 guru menemani makan di dalam kelas guna membimbing dan membantu siswa supaya tertib ketika akan makan. Dan ketika berada di dalam kelas atau proses belajar mengajar, guru selalu memberikan suasana yang tidak tegang kepada siswa, guru memberikan suasana yang mengasikan kepada siswa namun siswa tetap menghormati guru yang ada di dalam kelas. Dan siswa harus selalu ijin kepada guru yang sedang mengajar ketika mau ke toilet atau mau minum, untuk makan di kelas siswa tidak diperbolehkan.
Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Sikap Sopan Santun, pembiasaan.
Tidak tersedia versi lain