Skripsi
Penerapan Metode Dua Bahasa (Dual Language Method) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP Alfa Ali Masykur Tahun Pelajaran 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab dengan menggunakan metode dua bahasa (dual language method) siswa kelas VIII SMP ALFA Ali Masykur .
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII A SMP ALFA Ali Masykur yang berjumlah 30 siswa. Sampel yang diambil 15 siswa sebagai sampel kelas eksperimen dan 15 siswa sebagai sampel kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Data hasil analisis akhir menggunakan uji gain dan uji-t. Dari uji gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0,58dengan kriteria sedang. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai 0,55 dengan kriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Arab yang sama-sama baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan Dual Language Methood dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional.Hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa hasil dari thitung = 2,91 dan ttabel = 2,048, berati thitung> ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berbicara Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP ALFA Ali Masykur yang menggunakan Dual Language Method dengan metode ceramah (konvensional).
Kata Kunci :Dual Language Method, Kemampuan Berbicara Bahasa Arab
Tidak tersedia versi lain