Skripsi
Keteladanan Sifat-Sifat Rasulullah SAW Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Al-Qur'an (Kajian Q.S. Al Ahzab Ayat 21)
Penelitian ini bertujuan:1) untuk mengetahui keteladanan sifat-sifat cRasulullah SAW dalam pembelajaran, 2) untuk mengetahui makna yang terkandung dalam QS.Al Ahzab ayat 21, 3) untuk mengetahui konsep keteladanan Rasulullah SAW dalam QS Al Ahzab ayat 21.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Penelitian kepustakaan atau library research adalah salah satu jenis metode penelitian kualitatif yang lokasi atau tempat penelitiannya di lakukan di pustaka, dokumen, arsip dan sejenisnya. Analisis datanya menggunakan metode induktif, analisis isi dan tahlili.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan dari sifat-sifat Rasulullah SAW. dalam pembelajaran menurut perspektif Al Qur’an ( kajian QS. Al ahzab : 21 ) yakni bahwasanya dalam pembelajaran ada empat keteladanan sifat-sifat Rasulullah SAW yang dapat di teladani yaitu Shidiq, Amanah, Tabliq dan Fathanah. Selain empat sifat tersebut, ada lagi keteladanan yang dapat di ambil dari beliau yaitu dalam QS.Al Ahzab ayat 21 dalam peristiwa perang Khandaq yaitu keterkaitan beliau dalam perang menegakan agama Allah SWT dengan menunjukkan kesabaran, ketegasan dan kelemahlembutannya dalam bertutur kata. yang apabila di kaitkan hubungannya dengan guru dan murid dalam pembelajaran, terdapat dua pendekatan keteladanan yakni keteladanan yang di sengaja dan keteladanan yang tidak di sengaja. Untuk dapat menjadi teladan yang khasanah (uswatun khasanah) seorang guru di tuntut agar mahir dalam bidangnya sekaligus mampu tampil sebagai figur yang baik (berakhlak mulia) bagi peserta didiknya.
Kata Kunci : Keteladanan, Sifat Rasulullah, Pembelajaran
Tidak tersedia versi lain