Skripsi
Pengaruh Penggunaan Handphone Android Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMK Informatika Wonosobo Tahun Ajaran 2016/2017
Perkembangan teknologi telah mempengaruhi banyak sekali faktor kehidupan terutama dalam pendidikan yang mana dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diharapkan akan menjadi lebih efekif dan efisien di sekolah, salah satunya yaitu handphone android karena di dalamnya terdapat banyak sekali fitur dan aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pembelajaran lebih mudah dan lebih praktis. Namun dengan menggunakan handphone android dalam pembelajaran guru juga harus memperhatikan efek lain yang dapat ditimbulkan disamping untuk membantu siswa agar lebih mudah memahami pelajaran, sehingga handphone android dapat dipandang sangat membantu apabila diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui pengaruh penggunaan handphone android terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI di SMK Informatika Wonosobo Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif menekankan pada data-data numerikal (angka-angka) yang diolah dengan metode statistika. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas (X) yaitu pengaruh penggunaan handphone android dan variabel terikat (Y) yaitu minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket yang berisi tentang pertanyaan-pertanyaan mengenai penggunaan handphone android (variabel x) dan minat belajar Pendidikan Agama Islam (variabel y). Jenis kuesioner/angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup dengan bentuk pilihan ganda.
Berdasarkan analisis korelasi product moment diperoleh nilai 0,88 kemudian dikonsultasikan dengan r tabel untuk N = 31 pada taraf signifikansi 1% yaitu rtabel 0,456 dan 5% yaitu rtabel = 0,355 maka nilai rhitung> rtabel, sedangakan dengan uji t diperoleh nilai dengan signifikasi 1% yaitu 2,462 dan taraf 5% yaitu 1,699, maka nilait_hitung>t_tabelsehingga dapat dinyatakan nilai koefisien korelasi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan handphone android dengan minat belajar PAI siswa. Sedangkan pada penghitungan regresi diperoleh nilai sehingga Ŷ = 23,45+ 0,67X = 23,45 + 0,67(75) = 73,7 dapat disimpulkan bahwa arah pengaruhnya yaitu negatif linier.
Kata kunci : Handphone android, Minat Belajar, PAI
Tidak tersedia versi lain