Skripsi
Penerapan Psychological Method Untuk Meningkatkan Mental dan Asosiasi Pikiran Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VII MTS Ma`arif Selomerto Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui beberapa penerapan psychological method dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTS Ma’arif Selomerto Wonosobo; 2) Untuk mengetahui adanya peningkatan pada mental siswa dari pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTS Ma’arif Selomerto Wonosobo; 3) Untuk mengetahui adanya peningkatan pada asosiasi pikiran siswa dari pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTS Ma’arif Selomerto Wonosobo.
Penelitian dengan metode eksperimen menggunakan desainOne Group Pretest-Posttest Design.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs Ma’arif Selomerto yang berjumlah 27 siswa yang dijadikan kelas eksperimen. Sebelum pembelajaran kelas eksperimen diberikan angket dan soal pretest. Siswa kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan metode psikologi (psychological method). Kelas eksperimen dikenakan tes akhir berupa soal tes tertulis. Kemudian hasilnya diolah, dianalisis, menggunakan uji T-tes untuk mengetahui peningkatan mental dan asosiasi pikiran siswa yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran bahasa Arab untuk mental dan asosiasi pikiran siswa di MTs Ma’arif Selomertomenggunakan metode psikologi (psychological method) dengan langkah-langkah yang pada pembelajaran; 2) Peningkatan mental siswa kelas eksperimen sebesar 10,88; 3) Peningkatan asosiasi pikiran siswa kelas eksperimen sebesar 73,85; 4) Adanya peningkatan asosiasi pikiran siswa pada kelas eksperimen dengan thitung=73,85< ttabel=2,064 Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci: Psychological Method, Mental dan Asosiasi Pikiran
Tidak tersedia versi lain