Skripsi
Peran Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPQ) Al-Hidayah Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur`an Anak-Anak di Desa Gunung Tawang Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun 2016
Skripsi ini membahas tentang bagaimana peran TPQ Al-Hidayah terhadap kemampuan membaca al-Qur’an anak-anak di Desa Gunungtawang. Pembuatan skripsi ini dilatarbelakangi karena mengingat bahwa kemampuan membaca al-Qur’an itu sangat penting dimiliki oleh setiap umat manusia khususnya umat Islam. Namun pada kenyataannya, tidak semua manusia mampu membaca al-Qur’an dengan benar karena beberapa faktor yang melatarbelakanginya. Oleh karena itu, pada masa sekarang ini, banyak berdiri lembaga-lembaga seperti TPQ/TPA diberbagai wilayah dengan tujuan untuk membantu mereka yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dengan adanya TPQ, apakah kemampuan seseorang dalam membaca al-Qur’an itu ada perubahan menjadi lebih baik ataukah mengalami penurunan dari sebelumnya. Kemudian, dari hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan dapat memberikan masukan dan semangat agar TPQ/TPA yang ada ini semakin berkembang menjadi lebih baik lagi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa cara yaitu observasi, angket, wawancara, dan juga studi dokumenter. Dari penelitian yang telah dilakukan dengan jumlah responden 30 anak, diperoleh r hitung sebesar 0,766 dan r tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,361 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,463, itu artinya bahwa rhitung>rtabel (0,766>0,361 dan 0,766>0,463), sehingga hipotesis kerjanya dinyatakan diterima. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.
Dari hasil yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara peran TPQ Al-Hidayah dengan kemampuan membaca anak-anak di Desa Gunungtawang.
Kata kunci : Peran Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ), Kemampuan Membaca, al-Qur’an
Tidak tersedia versi lain