UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Peran Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPQ) Al-Hidayah Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur`an Anak-Anak di Desa Gunung Tawang Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun 2016

Alfin Nur Laili - Nama Orang;

Skripsi ini membahas tentang bagaimana peran TPQ Al-Hidayah terhadap kemampuan membaca al-Qur’an anak-anak di Desa Gunungtawang. Pembuatan skripsi ini dilatarbelakangi karena mengingat bahwa kemampuan membaca al-Qur’an itu sangat penting dimiliki oleh setiap umat manusia khususnya umat Islam. Namun pada kenyataannya, tidak semua manusia mampu membaca al-Qur’an dengan benar karena beberapa faktor yang melatarbelakanginya. Oleh karena itu, pada masa sekarang ini, banyak berdiri lembaga-lembaga seperti TPQ/TPA diberbagai wilayah dengan tujuan untuk membantu mereka yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dengan adanya TPQ, apakah kemampuan seseorang dalam membaca al-Qur’an itu ada perubahan menjadi lebih baik ataukah mengalami penurunan dari sebelumnya. Kemudian, dari hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan dapat memberikan masukan dan semangat agar TPQ/TPA yang ada ini semakin berkembang menjadi lebih baik lagi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa cara yaitu observasi, angket, wawancara, dan juga studi dokumenter. Dari penelitian yang telah dilakukan dengan jumlah responden 30 anak, diperoleh r hitung sebesar 0,766 dan r tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,361 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,463, itu artinya bahwa rhitung>rtabel (0,766>0,361 dan 0,766>0,463), sehingga hipotesis kerjanya dinyatakan diterima. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.
Dari hasil yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara peran TPQ Al-Hidayah dengan kemampuan membaca anak-anak di Desa Gunungtawang.


Kata kunci : Peran Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ), Kemampuan Membaca, al-Qur’an


Ketersediaan
#
Ruang Referensi FITK 4247 ALF p
4247FITK2017
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4247 ALF p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Taman Pendidikan Al-Qur`an
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Alfin Nur Laili
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?