Skripsi
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Islam Dalam Kegiatan Pramuka di Saka Bhayangkara Polsek Tersono Kabupaten Batang Tahun Periode 2016/2017
Pendidikan karakter Islam merupakan suatu pendidikan yang sangat diperlukan untuk membentuk karakter anak yang sesuai dengan ajaran Islam agar mampu hidup bermanfaat di masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kegiatan-kegiatan Pramuka di Saka Bhayangkara Polsek Tersono yang mengandung nilai pendidikan karakter Islam, mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter Islam yang terkandung di dalamnya mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter Islam.
Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer pada penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan pamong saka, instruktur saka dan anggota saka Bhayangkara Polsek Tersono. Dan sumber data sekunder berupa buku-buku atau bahan kepustakaan lain yang relevan dengan judul penelitian. Penelitian ini menggunakan teknikanalisis data menurut model Miler and Huberman yang terdiri dari reduksi data,penyajian data dankesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, di dapatkan hasil bahwa terdapat beberapa kegiatan dalam Pramuka di Saka bhayangkara yang mengandung pendidikan karakter Islam yaitu berkemah, jelajah alam dan pengamanan. Nilai-nilai pendidikan karakter Islam dalam kegiatan Pramuka Saka Bhayangkara meliputi disiplin dalam beribadah, bersyukur, toleransi antar sesama manusia, sederhana, peduli terhadap sesama manusia, saling menghormati, malu berbuat jahat dan menjalin silaturahim. Faktor yang mendukung dalam pelaksanaannya adalah tersedianya sumber daya manusia, pamong yang berkompeten dan sarana dan prasarana yang cukup memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu cuaca, letak geografis, kesibukan masing-masing anggota, kurang tertib untuk membawa alat yang dibutuhkan dalam berlatih.
Kata Kunci: pendidikan karakter islam, pramuka, saka bhayangkara
Tidak tersedia versi lain