Skripsi
Pengaruh Pembelajaran Fisika Pada Bengkel Rekayasa Pernagkat Lunak Terhadap Soft Skills dan Hard Skills (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI RPL SMK Jalaluddin Wonosobo Tahun Ajaran 2015/2016 Pokok Bahasan Listrik Arus Searah)
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana pembelajaran fisika di bengkel Rekayasa Perangkat Lunak SMK Jalaluddin Wonosobo tahun ajaran 2015/2016, 2) Mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh pembelajaran Fisika pada bengkel Rekayasa Perangkat Lunak terhadap soft skills dan hard skills siswa kelas XI RPL SMK Jalaluddin Wonosobo tahun ajaran 2015/2016, 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh terhadap hard skills siswa kelas XI RPL SMK Jalaluddin Wonosobo tahun ajaran 2015/2016 setelah memperoleh pembelajaran Fisika pada bengkel Rekayasa Perangkat Lunak.
Penelitian ini adalah penelitian sampel sehingga sampelnya adalah 24 siswa kelas eksperimen. Sampel ini diambil dari populasi kelas XI RPL semester genap di SMK Jalaluddin Wonosobo tahun ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, soal, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengambil data soft skills siswa. Observasi diakukan untuk mengetahui berlangsungnya pembelajaran. Soal digunakan untuk mengambil data nilai hard skills siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui nilai prestasi belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif.
Hasil penelitian 1) Pembelajaran fisika di bengkel Rekayasa Perangkat Lunak SMK Jalaluddin Wonosobo tahun ajaran 2015/2016 dilakukan dengan menggunakan bantuan alat-alat yang ada di bengkel dan observasi untuk mengumpulkan data tentang kegiatan siswa selama pembelajaran berlangsung hal ini menunjukkan pembejaran berlangsung dengan baik. 2) Hasil perhitungan soft skills diketahui mengalami pertumbuhan rata-rata 61,84% dan hard skills siswa menggunakan uji t-test diperoleh nilai rhitung 0,042 < 0,05 yang artinya ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran Fisika melalui bengkel Rekayasa Perangkat Lunak terhadap hard skills siswa kelas XI RPL SMK Jalaluddin Wonosobo tahun ajaran 2015/2016. 3) Hasil perhitungan peningkatan hard skills diperoleh peningkatan (gain) 0,056 hal ini menunjukkan peningkatan yang masih sangat rendah. Kontribusi sumbangan secara stimulan variabel pembelajaran fisika di bengkel RPL terhadap peningkatan hard skills siswa adalah 5,6% sedangkan 94,4% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Soft Skills, Hard Skills, Pembelajaran Fisika di Bengkel Rekayasa Perangkat Lunak
Tidak tersedia versi lain