UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Problematika Dalam Menghafal Al-Qur`an Studi Kasus Siswa Kelas XI SMA Takhassus Al-Qur`an Tahun Pelajaran 2016/2017

Riyadi Sholichin - Nama Orang;


Al-Qur’an merupakan kitab suci yang paling diagungkan karena di dalamnya terdapat nilai-nilai yang penting untuk dijadikan suri teladan maupun sebagai pedoman terhadap segala aspek kehidupan. Sehingga, bagi mereka orang-orang Islam apabila ingin mengharap kehidupan yang sejahtera, damai, dan bahagia maka semestinya berperilaku sesuai dengan semua hal yang tertera dalam Al-Qur’an. dalam rangka untuk menjaga orisinalitas Al-Qur’an ini, selain dilakukan dengan membaca dan memahaminya, kita juga berusaha dengan jalan menghafalkannya. Bagi sebagian orang, cara menghafal ini memang cenderung lebih sulit dari pada membaca dan memahaminya. Hal ini terjadi karena selain mempunyai lembaran yang sangat banyak, Al-Qur’an memiliki nuansa bahasa yang relatif sulit untuk dipahami. Serta dapat menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menghafalnya, belum lagi problem yang akan dialami dalam proses menghafal Al-Qur’an. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika apa saja yang sering dialami oleh siswa selama proses menghafal Al-Qur’an.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan Jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan), penelitian ini dilakukan dalam situasi alamiah, informasi data dalam penelitian ini diperoleh melalui dua sumber yaitu lapangan dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah problem-problem yang dihadapi oleh siswa kelas XI tahun ajaran 2016/2017 program tahfidz dalam menghafal Al-Qur’an di SMA Takhassus Al-Qur’an, meliputi kurang cermat dalam menghafal, belum bisa mengatur waktu dengan baik, sering ganti-ganti mushaf, lingkungan yang tidak kondusif, dan lain-lain. Adapun cara mengatasi problem-problem tersebut dengan cara menata kembali niat dengan sungguh-sungguh hanya mengharap ridho Allah SWT, teliti dalam menghafal, mengatur waktu dengan baik, hanya menggunakan satu mushaf, mengkondisikan waktu, menjauhi maksiat, mencintai Al-Qur’an dengan sepenuh hati, do’a diiringi usaha tanpa henti.

Kata Kunci: Problematika, Menghafal Al-Qur’an
 


Ketersediaan
#
Ruang Referensi FITK 4256 RIY p
4256FITK2017
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4256 RIY p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Menghafal Al-Qur`an
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Riyadi Sholichin
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?