Skripsi
Lesson Study Penggunaan Media Torso Untuk Peningkatan Motivasi Belajar IPA Kelas IV Materi Rangka Manusia di MI Ma'arif Kliwonan Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media torso dalam proses pembelajaran IPA materi rangka manusia kelas IV terhadap motivasi belajar siswa. Karena pada awal pembelajaran materi rangka manusia kelas IV di MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo guru masih mengajar dengan monoton dan media pembelajaran yang sudah tersedia belum dimanfaatkan dengan baik sehingga peserta didik merasa jenuh saat mengikuti proses pembelajaran.
Penggunaan media torso di MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo dilakukan secara langsung selama proses pembelajaran, hal ini bertujuan agar peserta didik mampu mengamati ojek secara nyata sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Analisis hasil dilakukan selama dua tahap yaitu pada awal pembelajaran (pretest) dan analisis setelah menggunakan media torso (post test). Dari hasil penelitian yang diperoleh setelah diadakannya penggunaan media torso dalam pembelajaran motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup baik dan signifikan.
Hal ini terbukti dari adanya peningkatan dari hasil belajar yang diperoleh sebelum diadakannya penggunaan media torso yaitu dalam jumlah rata-rata 75,66 naik menjadi 85,6. Dan setelah diadakannya uji t hasil yang diperoleh hasil t = 7,19. Sedangkan nilai pada tabel taraf 5% adalah 2,042 dan taraf 1% adalah 2,750. Artinya bahwa t hitung pada ketiga analisis diatas nilainya masih lebih besar jika dibandingkan dengan nilai t tabel. Kesimpulannya bahwa penggunaan media torso dalam pembelajaran IPA Materi rangka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo.
Kata kunci: Media Torso, Motivasi, IPA.
Tidak tersedia versi lain