Skripsi
Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas XI SMA N Bawang Banjarnegara Tahun 2016
Dalam proses belajar mengajar terdapat dua hal yang sangat penting yaitu metode pembelajaran dan media pembelajaran, dimana antara kedua aspek tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Pemilihan terhadap salah satu metode pengajaran tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun ada beberapa aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan pengajaran, jenis tugas, respon yang diharapkan dari siswa setelah menguasai materi yang diajarkan, dan konteks pembelajaran termasuk kharakteristik siswa. Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pendidikan agama Islam adalah nilai-nilai spiritual yang kurang tertanam pada peserta didik. Bahkan pada mereka yang setiap hari diberikan ajaran-ajaran agama. Adapun tujuan dari penelitian ini penulis bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan media audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas XI SMA N 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara guna meningkatkan pemahaman dan menumbuhkan minat belajar peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Untuk pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Subjek penelitian dari penelitian ini ialah kepala sekolah, guru bidang studi PAI, dan siswa. Untuk analisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan kesimpulan yaitu penerapan media audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sangat efektif sesuai dengan kharakteristik dan tujuan, siswa terlibat secara langsung dan aktif dilingkungan belajarnya. Pemahaman siswa pada bidang studi PAI di SMA N 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara setelah diterapkannya media audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama Islam menjadi lebih baik, hal ini ditandai dengan kemampuan siswa yang sudah bisa mempraktekan materi yang diajarkan. Sedangkan faktor pendukung penerapan media audio visual di SMA N 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara diantaranya kedisiplinan guru datang tepat, waktu dan tersedianya media di sekolah serta faktor penghambatnya ialah keterbatasan sarana dan prasarana, keterbataan waktu, dan keadaan kelas yang kurang kondusif.
Kata Kunci : Media Audio Visual, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Tidak tersedia versi lain