Skripsi
Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Times Pada Latihan Manasik Haji di RA Salafiyah Kaligowong Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan model BCCT dalam pembelajaran anak usia dini di RA Salafiyah Kaligowong Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menyempurnakan penerapan metode BCCT dalam pembelajaran di RA Salafiyah Kaligowong.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang RA Salafiyah Kaligowong Kecamatan Wadaslintang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara bebas terpimpin, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil pengamatan langsung (observasi) dengan data hasil wawancara dan isi suatu dokumen yang berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) Model pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Times) di RA Salafiyah Kaligowong dalam laltihan manasik haji terdapat di sentra iman dan takwa. 2) Faktor pendukung metode BCCT adalah guru yang telah mengikuti pelatihan metode BCCT dan sarana prasarana pembelajaran memadai.3) Hasil latihan manasik haji dengan model pembelajaran BCCT sudah menunjukkan hasil yang memuaskan, hal ini terlihat dari banyaknya indikatorindikator pembelajaran yang sudah tercapai
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Anak Usia Dini
Tidak tersedia versi lain