Skripsi
Penerapan Metode Snowball Throwing Guna Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Punggelan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing (2) mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Non- Snowball Throwing dengan metode Snowball Throwing; (3) mengetahui apakah metode Snowball Throwing meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Punggelan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang mengggunakan pendekatan True ekperimental design dengan pola pretest-posttest control group design, yaitu dengan memberikan treatment (perlakuan) yang berbeda terhadap dua kelompok siswa yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 orang setiap kelasnya. Penelitian ini dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar, tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen soal tes menggunakan analisis butir soal dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya beda, selanjutnya dilakukan uji reliabilitas dengan menggunakan program ITEMAN (Item and Test Analysis). Untuk uji prasyarat analisis, uji normalitas dengan menggunakan uji Shapiro-Wilk, karena data tidak berdistribusi normal maka tidak dilakukan uji homogenitas. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Untuk pengujian pengkategorian efektivitas menggunakan uji N-gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil pembelajaran di dalam kelas mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai berikut: presentasi/penjelasan dari guru, diskusi kelompok, melakukan metode Snowball Throwing dengan saling melempar kertas soal, diskusi, presentasi hasil tugas dan pemberian penghargaan; (2) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode Non- Snowball Throwing dengan kelas yang menggunakan metode Snowball Throwing. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata posttest kelas Non- Snowball Throwing sebesar 73,19, sedangkan hasil rata-rata posttest kelas Snowball Throwing sebesar 83,54 serta didukung dari hasil perhitungan uji Wilcoxon Rank Sum Test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,009 lebih kecil dari 0,05; (3) Penggunaan metode Snowball Throwing cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar belajar pada mata pelajaran Fotografi kelas X Multimedia SMP Negeri 1 Punggelan. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan rata-rata N-gain score kelas Snowball Throwing sebesar 56,41%.
Kata Kunci : Snowball Throwing, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Tidak tersedia versi lain