Skripsi
Strategi pembelajaran maharon kalam dalam perspektif pendekatan komunikatif (studi komparasi buku strategi pembelajaran bahasa arab inovatif karya syaiful mustofa dan buku metodologi pembelajaran bahasa arab" karya acep hermawan)"
Skripsi ini membandingkan strategi pembelajaran maharoh kalam menurut Syaiful Mustofa dan Acep Hermawan dalam perspektif pendekatan komunikatif. Kajiannya dilatar belakangi oleh realitas yang ada bahwa banyak orang belajar bahasa Arab namun tidak atau belum mampu menggunakannya untuk berkomunikasi secara lisan. Strategi pembelajaran yang digunakan terutama maharoh kalam masih monoton dan cenderung kurang menarik minat peserta didik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana strategi pembelajaran maharoh kalam menurut Syaiful Mustofa dalam perspektif pendekatan komunikatif? (2) Bagaimana strategi pembelajaran maharoh kalam menurut Acep Hermawan dalam perspektif pendekatan komunikatif ? (3) Bagaimana perbandingan strategi pembelajaran maharoh kalam menurut Acep Hermawan dan Syaiful Mustofa dalam konteks pendekatan komunikatif ?Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan. Sumber datanya yaitu buku strategi pembelajaran bahasa Arab inovatif karya Syaiful Mustofa dan buku metodologi pembelajaran bahasa Arab karya Acep Hermawandan beberapa buku, jurnal, dan lainnya yang relevan.Teknik pengumpulan datanya menggunakan studi dokument.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan metode komparasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi dan analisis komparatif deskriptif.
Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Strategi pembelajaran maharoh kalam dalam buku “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif” Karya Syaiful Mustofa memiliki kesesuaian dengan prinsip pendekatan komunikatif. (2) Strategi pembelajaran maharoh kalam dalam buku “Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab” Karya Acep Hermawan juga memiliki beberapa kesesuaian dengan fokus dan sasaran pendekatan komunikatif. (3) Strategi pembelajaran maharoh kalam yang terdapat dalam buku karya Syaiful Mustofa dan Acep Hermawan memiliki beberapa kesamaan, yaitu sarat akan pengetahuan dan informasi tentang pembelajaran bahasa Arab dan bisa diterapkan untuk pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif. Sedangkan perbedaannya yaitu strategi pembelajaran maharoh kalam yang terdapat dalam buku karya Syaiful Mustofa lebih lengkap dan bervariasi namun kurang sistematis dibandingkan buku karya Acep Hermawan yang tersusun rapi dan lebih sistematis namun strateginya kurang bervariasi karena terlalu banyak membahas tentang bahasa itu sendiri.
Tidak tersedia versi lain