Skripsi
Pemanfaatan Metode Permainan Kartu Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii A Mts Ma'arif Nu Jatilawang Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian dilakukan di MTs Ma’arif Nu Jatilawang Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara pada siswa kelas VII A yang berjumlah 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi yang dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar. Selain observasi peneliti juga menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan melalui test. Setelah pengumpulan data kemudian dilakukan analisis uji hipotesis yang menggunakan rumus “t” test. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang diteliti yaitu penerapan metode permainan kartu dan prestasi belajar al-qur’an hadis, selanjutnya data diolah berdasarkan nilai pre test dan post test.
Nilai pre test dan post test digunakan untuk mengetahui penerapan metode permainan kartu terhadap prestasi belajar al-qur’an hadist, dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan yaitu penerapan metode permaianan kartu terhadap pretasi belajar l-quran hadist kelas VII A Mts Ma’arif Nu Jatilawang kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara Tahun pelajaran 2015/2016.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran dengan menggunakan metode permainan kartu mengalami peningkatan yang signifikan dari hasil yang sebelum menggunakan metode permainan kartu. Karena thitung lebih besar dari ttabel. Penggunaan metode permainan kartu dalam pembelajaran al-qur’an hadist, secara signifikan setelah dapat menunjukan efektifitasnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dapat diperhitungkan ttest dengan hasil 12,43 yang berada diatas ttabel pada taraf signifikan 1% (2,48) dan 5 % (1,71).
Kata kunci : Permainan kartu, Prestasi Belajar, Al-Qur’an Hadist
Tidak tersedia versi lain