Skripsi
Efektivitas Penerapan Metode Nind Map Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Koperasi Dan Kesejahteraan Rakyat Di Kelas Iv Sd N Gandrungmangu 05 Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016
Fokus masalah skripsi ini diarahkan efekifitas penerapan metode Mind Map pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit karena merupakan serangkaian fakta yang harus diingat saat ujian ataupun tes. Adapun rumusan masalah yang dibahas: (1) Bagaimana proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 4 SD N Gandrungmangu 05 tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana penerapan metode Mind Map pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas 4 SD N Gandrungmangu 05 tahun pelajaran 2015/2016? (3) Seberapa efektifkah metode Mind Map pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas 4 SD N Gandrungmangu 05 tahun pelajaran 2015/2016? Adapun jenis penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu dan menggunakan desain one group pre-post test atau desain pra test dan pasca test. Data diperoleh melalui metode tes, observasi, dokumentasi dan wawancara.Analisis data menggunakan t-test.
Data dalam penlitian ini diperoleh dari hasi pretest dan posttest hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data nilai posttest lebih baik dari pada nilai pretest. Hal ini dikarenakan penerapan metode Mind Map. Hal ini telah dibuktikan dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil analisis dengan menggunakan aplikasi SPSS didapatkan diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Independent Sample t-test dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada perbadaan hasil belajar peserta didik yang diterapkan metode Mind Map. Hasil analisis menggunakan N-gain diperoleh hasil adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 40,26% atau 0,4026 dengan kriteria “sedang”.
Hasil penerapan metode Mind Map pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosila materi Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat terbuki efektif meningkatkan prestasi belajar peserta didik, hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata 55,3 meningkat menjadi 73,3 dengan tingket ketuntasan 3,44% meningkat mrnjadi 62,06%.
Kata Kunci : Efektifitas, Metode Mind Map, Ilmu Pengetahuan Sosial, Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat.
Tidak tersedia versi lain