Skripsi
Korelasi Mendidik Anak Dengan Rasa Kasih Sayang Terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Rifa'iyah Dalangan Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2013/2014
Kasih sayang merupakan komponen dasar yang utama dalam proses pendidikan dan pembentukan karakter atau akhlak anak. Seorang guru yang memiliki rasa kasih sayang yang besar akan sangat mencintai profesinya dibandingkan seorang guru yang lebih berorientasi terhadap materi. Demikian juga murid yang dididik dengan rasa kasih sayang akan merasa betah dan lebih mengerti dan memahami pelajaran yang disampaikan kepadanya.
Berpijak dari permasalahan di atas yang merupakan dasar atau bahan yang dijadikan permasalahan dan sekaligus arah dalam penelitian ini maka tujuan penulis mengadakan penelitian ini sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui mendidik dengan rasa kasih sayang di MI Rifa’iyah Dalangan tahun pelajaran 2013/2014,(2) Untuk mengetahui prestasi belajar Fiqih siswa kelas V MI Rifa’iyah Dalangan tahun pelajaran 2013/2014,(3) Untuk mengetahui korelasi mendidik dengan rasa kasih sayang terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas V MI Rifa’iyah Dalangan tahun pelajaran 2013/2014 .
Teknik analisis data dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu wawancara (Interview) Dokumentasi, Angket, dan Observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat deketahui bahwa (1) Korelasi mendidik dengan kasih sayang terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas V di MI Rifa’iyah Dalangan tahun pelajaran 2013/2014 berkategori baik, dari hasil penelelitian menunjukkan prosentase terbesar sejumlah 70 %, angka ini ada direntang nilai 29-34, sedangkan rentang nilai tersebut berada di posisi teratas dan posisi kedua terletak pada kategori amat baik yakni 30 % pada proses penskoran. Hasil ini didapatkan dari korelasi mendidik dengan kasih sayang berdasarkan angket yang penulis ajukan.(2) Berdasarkan angket yang diperoleh bahwa prosentase terbesar yakni 75 %, angka ini menunjukkan bahwa prestasi belajar fiqih siswa sangat baik, karena angka ini berada pada posisi pertama dalam peskoran yakni pada rentang nilai 7,5-8,4; sedangkan posisi kedua amat baik dengan prosentase 25 % pada rentang nilai 8,5-10. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa prestasi belajar Fiqih siswa kelas V MI Rifa’iyah Dalangan tahun pelajaran 2013/2014 berkategori baik.(3) Dari perhitungan masing-masing variabel yang terdiri atas indikator-indikator diketahui bahwa :Ada korlasi yang signifikan antara mendidik dengan kasih sayang terhadap prestasi belajar Fiqih siswa Kelas V MI Rifa’iyah Dalangan tahun pelajaran 2013/2014 dengan taraf siginifikasi 5 %, karena untuk taraf signifikasi 5 % ro = 0,523 > rt = 0,444.
Kata Kunci : Mendidik Dengan Rasa Kasih Sayang, Prestasi Belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain