UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Penerapan Metode Contekstual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pelajaran Ipa Tentang Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya Di Mi Ma'arif Tambi Kejajar Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017

Sri Lestari - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Mengetahui: 1) Mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA sebelum menggunakan metode Contekstual di Kelas V MI Ma’arif Tambi Kejajar Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Mengetahui Implementasi model pembelajaran Metode Contekstual Teaching and learning dalam pembelajaran IPA di Kelas V MI Ma’arif Tambi Kejajar Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Mengetahui Peningkatkan hasil belajar IPA Tentang cara Makhluk Hidup Menyesuaikan diri dengan Lingkungannya melalui implementasi metode Contekstual Teaching and Learning di Kelas V MI Ma’arif Tambi Kejajar Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017.
Skripsi ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang mengambil objek penelitian di Kelas V MI Ma’arif Tambi Kejajar Wonosobo dengan jumlah responden atau siswa terdiri dari 32 orang dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 11 orang dan siswa perempuan berjumlah 21 orang siswa. Pembahasan hasil penelitian, Penggunaan model pembelajaran Metode Contekstual Teaching and Learning dalam pembelajaran IPA di Kelas V MI Ma’arif Tambi Kejajar menunjukkan keberhasilan. Indikator keberhasilan tersebut terlihat dari hasil tes akhir siklus I sebesar 81 % namun nilai persentase ini belum memenuhi target yang telah ditetapkan dalam indikator keberhasilan pembelajaran, yaitu 80 %. Nilai persentase prestasi belajar IPA di Kelas V pada siklus I yaitu 66.875. Nilai ini masih berada 50 % di bawah standar ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan, yaitu 80 %. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 45 % sebelum diberi tindakan dan setelah diberi tindakan meningkat 38 % dari 20 siswa pada siklus I terdapat 1 orang siswa yang belum mengalami ketuntasan belajar . Berdasarkan hasil nilai belajar di atas dapat di jelaskan bahwa rata-rata pada siklus I mengalami peningkatan 50% dari awal atau pra siklus 66.875 menjadi 72.187. Kemudian pada siklus II dari siklus I mengalami peningkatan 62 % dari siklus I 72.187. menjdi 76.250 pada siklus II. Sedangkan peningkatan dari sklus II dari data awal atau pra siklus. Sedangkan peningkatan dari sklus II mengalami peningkatan 81 %. Dari data awal atau pra siklus 66.875 atau 37 % menjadi 79.375 atau 81 %.


Kata Kunci : Metode Kontekstual Teaching and Learning, Hasil Belajar IPA.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
4224FITK2017
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4224 SRI p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Metode contekstual and learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Sri Lestari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?