Skripsi
Penerapan Metode Contekstual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pelajaran Ipa Tentang Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya Di Mi Ma'arif Tambi Kejajar Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Mengetahui: 1) Mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA sebelum menggunakan metode Contekstual di Kelas V MI Ma’arif Tambi Kejajar Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Mengetahui Implementasi model pembelajaran Metode Contekstual Teaching and learning dalam pembelajaran IPA di Kelas V MI Ma’arif Tambi Kejajar Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Mengetahui Peningkatkan hasil belajar IPA Tentang cara Makhluk Hidup Menyesuaikan diri dengan Lingkungannya melalui implementasi metode Contekstual Teaching and Learning di Kelas V MI Ma’arif Tambi Kejajar Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017.
Skripsi ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang mengambil objek penelitian di Kelas V MI Ma’arif Tambi Kejajar Wonosobo dengan jumlah responden atau siswa terdiri dari 32 orang dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 11 orang dan siswa perempuan berjumlah 21 orang siswa. Pembahasan hasil penelitian, Penggunaan model pembelajaran Metode Contekstual Teaching and Learning dalam pembelajaran IPA di Kelas V MI Ma’arif Tambi Kejajar menunjukkan keberhasilan. Indikator keberhasilan tersebut terlihat dari hasil tes akhir siklus I sebesar 81 % namun nilai persentase ini belum memenuhi target yang telah ditetapkan dalam indikator keberhasilan pembelajaran, yaitu 80 %. Nilai persentase prestasi belajar IPA di Kelas V pada siklus I yaitu 66.875. Nilai ini masih berada 50 % di bawah standar ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan, yaitu 80 %. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 45 % sebelum diberi tindakan dan setelah diberi tindakan meningkat 38 % dari 20 siswa pada siklus I terdapat 1 orang siswa yang belum mengalami ketuntasan belajar . Berdasarkan hasil nilai belajar di atas dapat di jelaskan bahwa rata-rata pada siklus I mengalami peningkatan 50% dari awal atau pra siklus 66.875 menjadi 72.187. Kemudian pada siklus II dari siklus I mengalami peningkatan 62 % dari siklus I 72.187. menjdi 76.250 pada siklus II. Sedangkan peningkatan dari sklus II dari data awal atau pra siklus. Sedangkan peningkatan dari sklus II mengalami peningkatan 81 %. Dari data awal atau pra siklus 66.875 atau 37 % menjadi 79.375 atau 81 %.
Kata Kunci : Metode Kontekstual Teaching and Learning, Hasil Belajar IPA.
Tidak tersedia versi lain