Skripsi
Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Mts Negeri 2 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016
Salah satu cita-cita atau tujuan pendidikan nasional Indonesia adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang minat dalam dunia pendidikan. Anak-anak adalah aset negara yang sangat berpotensi dalam mengubah peradaban nasional yang berkembang selama ini, anak-anak yang akan tumbuh dewasa dan bijaksana membutuhkan agama agar mereka tidak terjerumus dalam hal-hal yang tidak baik. Untuk itu sudah seharusnya setiap orang tua, pendidik dan lembaga pendidikan berupaya menanamkan pengetahuan agama pada peserta didik melalui pendidikan. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sedikit orang tua yang bersungguh-sungguh memperhatikan psikologis dan pendidikan untuk anak-anak.
Pendidikan Agama Islam di sekolah merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk memperhatikan minat belajar. Salah satu materi yaitu Pendidikan Agama Islam.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri 2 Banjarnegara, sedang sampel penelitiannya diambil 15% dari jumlah seluruh siswa yaitu 37 siswa dengan menggunakan teknik random sampling dan teknik analisis statistik produk moment.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dari analisis uji hipotesis diketahui bahwa ada korelasi yang signifikan antara pengaruh keluarga broken home terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa di MTs Negeri 2 Banjarnegara tahun 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi dengan moment tangkar dari pearson, bahwa r xy = 0,4521445 > r1 = 0,05 (0,0329) dan r2xy = 0,452144 > r1 = 0,01 (0,424). Dengan r1 (0,05 dan 0,01) berarti signifikan dan merupakan korelasi yang kuat dan tinggi.
Kata kunci: broken home, minat belajar, Pendidikan Agama Islam
Tidak tersedia versi lain