Skripsi
Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Model Penerapan Eksplorasi Pustaka Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas Iv Mi Ma'arif Bener Kecamatan Kepil Kebupaten Wonosoo Tahun Pelajaran 2015/2016
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui Pembelajaran Kontekstual Model Peranan Eksplorasi Pustaka di kelas IV MI Ma’arif Bener Tahun Ajaran 2015/2016, ketrampilan menulis kelas IV MI Ma’arif Bener Tahun Ajaran 2015/2016 dan sejauhmana Pembelajaran Kontekstual Model Peranan Eksplorasi Pustaka dalam Meningkatkan Ketrampilan Menulis siswa kelas IV MI Ma’arif Bener Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalahPenelitianTindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan secara langsung terhadap anak terhadap suatu proses melalui beberapa tahap yang disebut siklus. Pengumpulan data yang telah dilakukan oleh peneliti menggunakan observasi, tes. Wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam suatu penelitian untuk menarik kesimpulan dari seluruh data yang telah diperoleh. Data-data yang dianalasis adalah hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil wawancara, hasil catatan lapangan, dan hasil evaluasi siswa. Data berupa hasil observasi aktivitas guru, hasil wawancara, dan hasil catatan lapangan dianalisis berupa deskripsi dalam bentuk penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanyapengaruh efektivitas pembelajaran kontekstual model peranan eksplorasi pustaka untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas IV MI Ma’arif Bener Tahun Pelajaran 2015/2016
Kata kunci: pembelajaran kontekstual, eksplorasi pustaka, keterampilan menulis
Tidak tersedia versi lain