Skripsi
Peran guru PAI dalam menunjang keberhasilan belajar bagi anak di SMP Cokroaminoto Wanadadi kecamatan Wanadadi kabupaten Banjarnegara
Guru adalah pembina pribadi pertama bagi anak-anaknya disekolah, sehingga guru merupakan tauladan dan contoh yang baik. Dengan contoh tauladan yang baik dari gurunya merupakan pendidikan yang positif terutama dalam menunjang keberhasilan pendidikan agama Islam di SMP Cokroaminoto Wanadadi. Oleh karena itu keberhasilan pendidikan agama Islam di sekolah sangat dipengaruhi oleh peran guru dalam memberikan pendidikan agama Islam di sekolah. Untuk dapat mencapai hal tersebut maka guru pendidikan agama islam harus dapat menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua selaku wali murid untuk mewujudkan keberhasilan belajar pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMP Cokroaminoto Wanadadi Kecamatan Wanadadi, untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam menunjang keberhasilan belajar bagi anak di SMP Cokroaminoto Wanadadi, untuk mengetahui hambatan guru PAI dalam melaksanakan proses belajar mengajar PAI.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan dalam mengumpulkan data-data yang dibutuhkan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, ketiga metode tersebut digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan masalah yang sedang dibahas dan sesuai dengan judul penelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian dalam mencari hasil yang diperoleh dengan menggunakan penafsiran serta analisis untuk menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa peran guru dalam menunjang keberhasilan belajar bagi anak di SMP Cokroaminoto Wanadadi berdasarkan dari hasil wawancara yang peneliti lakukan dengan guru PAI SMP Cokroaminoto Wanadadi disimpulkan Guru PAI di SMP Cokroaminoto Wanadadi sangat berperan sekali dalam menunjang keberhasilan belajar bagi anak yang dilaksanakan di sekolah. Selain itu, kerja sama yang baik antara guru agama Islam dan guru lainnya juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMP Cokroaminoto Wanadadi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menunjang keberhasilan belajar anak di sekolah sangat berperan sekali. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMP Cokroaminoto Wanadadi.
Kata Kunci ; Guru, Keberhasilan, Pendidikan Agama Islam
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain