Skripsi
Strategi Guru Dalam Menanamkan Kebiasaan Shalat Dhuha Siswa MTS Ma'arif Kepil Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Seorang guru memiliki peranan yang sangat penting dalam rangka menumbuhkembangkan sifat dan sikap kebiasaan ibadah shalat dhuha terhadap peserta didiknya di sekolah. Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam membiasakan siswanya, yaitu membiasakan shalat dhuha berjama’ah, memberikan contoh dan tauladan, penyadaran, dan suatu pengawasan. Dan yang paling mempengaruhi dalam pelaksanaanya adalah adanya unsur kebiasaan itu sendiri, yaitu peraturan yang bersifat memaksa (wajib).
Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Kepil memiliki program kegiatan yang bertujuan agar siswa menjadi lebih terbiasa, yaitu: melaksanakan shalat dhuha secara berjama’ah. Adapun permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini ialah: Strategi apa yang dilakukan oleh guru Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Kepil dalam meningkatkan kebiasaan ibadah shalat dhuha siswanya.
Sedang tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kebiasaan ibadah shalat dhuha siswa di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Kepil. Adapun manfaat dari penelitian ini, yaitu (1) manfaat teoritis, agar dapat memberikan sumbangan positif teruntuk sekolah mengenai penanaman kebiasaan terhadap siswanya; (2) manfaat praktis, sebagai masukan teruntuk pendidik mengenai kebiasaan siswanya.
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research), karena data yang diambil langsung dari lapangan dengan metode penulisan deskriptif kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang dipakai ialah: observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis yang diambil adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis induktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan guru Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Kepil dalam meningkatkan kebiasaan ibadah shalat dhuha siswanya adalah dengan melakukan langkah-langkah pendisiplinan, yaitu: mengadakan kebiasaan kegiatan, memberikan contoh dan tauladan, penyadaran, dan pengawasan, sebagaimana yang telah penulis bahas dalam skripsi ini.
Kata Kunci : Guru, Kebiasaan, Shalat Dhuha
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain