Skripsi
Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Pai Di Smp Negeri 1 Kepil Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Skripsi ini mengkaji tentang hubungan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dengan prestasi belajar siswa. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa. Kompetensi merupakan salah satu kualifikasi guru yang sangat penting, karena bagaimanapun bagusnya sebuah kurikulum, metode pembelajaran dan lain sebagainya tanpa didukung oleh guru yang berkompeten maka ia dalam menjalankan tugasnya akan tidak optimal. Seorang guru profesional dalam menjalankan tugasnya perlu memiliki keempat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Keempat kompetensi itu sangat berpengaruh bagihasil belajar siswa maupun sikap individu siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kepil Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa/ikelas VIII SMP Negeri 1 Kepil yang berjumlah 160 siswa, sedangkan sampelnya diambil secara acak (random sample), mengingat populasinya lebih dari 100 orang, maka penulis mengambil sampel sebanyak 20 % dari populasi yaitu 30 orang.
Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskriptif analisis dan metode korelasional dengan jenis penelitan lapangan (field research) dan didukung oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (library research).
Metode tersebut penulis dukung dengan teknik-teknik pengumpulan data meliputi angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisa data data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik product moment.
Dari hasil pengolahan data yang didapat langkah selanjutnya diklasifikasikan dan diolah sehingga menghasilkan data akhir dengan rxy sebesar 0,476 yang berarti terdapat hubungan kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa walaupun hubungan positif itu hanya pada tingkat sedang atau cukup saja. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima danhipotesis nihil (Ho) ditolak, ini mengandung pengertian bahwa kompetensi guru berhubungan dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam.
Kata kunci : Kompetensi Guru, Pendidikan Agama Islam, PAIKEM
Tidak tersedia versi lain