Skripsi
Pelaksanaan hadiah dan hukuman dalam membentuk perilaku belajar peserta SMP Negeri 1 Wanadadi tahun pelajaran 2013/2014
Dalam dunia pendidikan reward dan punishment bisa dipahami dan diterapkan, tetapi selalu dengan tujuan dan cara-cara edukatif, reward dan punishment akan berjalan sesuai khasanah pengetahuan apabila dijalan sesuai dengan norma agama dan sosial.
Dalam penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Perilaku Belajar Anak Didik Di SMP Negeri 1 Wanadadi Tahun Pelajaran 2013/2014” Penelitian ini mempunyai Untuk mengetahui pelaksanaan reward, penerapan reward dan punishment dan mengetahui pengaruh reward dan punishment terhadap perilaku siswa SMP Negeri 1 Wanadadi
Jenis penelitian ini adalah penelitia kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi, wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang pendayagunaan sumber belajar dan dokumen lainnya di SMP Negeri 1 Wanadadi, dengan demikian maka teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu mendekripsikan secara tertulis yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan
Pelaksanaan reward dan punishment pada siswa SMP Negeri 1 Wanadadi Kecamatan Wanadadi Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014 oleh semua elemen sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kepribadian siswa itu sendiri. Pelaksanaan Reward dan punishment merupakan program untuk mendampingi siswa dengan norma-norma yang tertulis dan tidak tertulis dalam rangka mengarahkan siswa ke arah yang yang kondusif dalam aktivitas kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Wanadadi.
Penerapan reward dan punishment dalam pembelajaran tidak luput dari tujuan pendidikan itu sendiri. Kehadiran reward sangat dibutuhkan untuk menunjang semangat siswa dalam menjalankan aktivitasnya di sekolah. Tapi sebaliknya punishment merupakan sebuah momok bagi seorang siswa. Dalam penerapan punishment di SMP Negeri 1 Wanadadi mengkehendaki digunakannya hukuman yang mendidik, hadiah atau pujian jauh lebih dipentingkan ketimbang hukuman.
Bahwa pelaksanaan reward dan punishment dapat menunjang kepribadian siswa yang berkarakter, dapat merubah perilaku anak menjadi lebih baik, karena pada hakekatnya merubah perilaku/ akhlak anak merubah perilaku dan belajar anak menjadi lebih baik.
Kata Kunci : pendayagunaan sumber belajar PAI
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain