Skripsi
Upaya guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak siswa di MTS Cokroaminoto Wanadadi kebupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014
Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs sangat berpengaruh dalam proses pembinaan akhlak siswa. Dalam proses pembinaan akhlak siswa, guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan proses pembelajaran pendidikan agama Islam harus memiliki upaya yang tepat karena dengan adanya upaya tersebut, maka pembinaan akhlak siswa mampu berjalan dengan baik dan maksimal. Proses pembelajaran pendidikan agama Islam memegang peranan yang penting dalam proses pembinaan akhlak siswa di MTs. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa diantaranya dengan menerapkan pembelajaran yang dapat mendukung dalam keberhasilan pembelajaran pendidikan agama Islam dan pembinaan akhlak siswa di MTs Cokroaminoto Wanadadi Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dengan cara menganalisis data yang diperoleh melalui analisis kualitatif, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskannya, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.
Hasil penelitian menunjukkan ; 1). Upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa sangat penting sekali, karena siswa jadi memahami dan mengetahui mengenai akhlak dalam pergaulan dan kehidupan bermasyarakat. 2). kegiatan yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa adalah ; Baca do’a bersama dan baca Al-Qur’an sebelum dimulainya pelajaran, shalat dhuhur berjama’ah, peringatan hari-hari besar Islam (PHBI), dan pertemuan wali murid. 3). faktor penghambat upaya guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa, yaitu ; faktor penghambatnya adalah ; latar belakang pengetahuan siswa yang berbeda-beda, kurangnya sarana dan prasarana, pengaruh dari tayangan televisi atau media cetak.
Kata Kunci ; Guru, Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak Siswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain