Skripsi
Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Nht (Numbered Head Together) Dalam Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together), (2) untuk mengetahui apakah model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, (3) untuk mengetahui apakah model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa, (4) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar kognitif siswa, (5) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa.
Penelitian ini mengggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest, perlakuan dan postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 kaliwiro Wonosobo kelas VII tahun akademik 2014/2015. Dari populasi tersebut diambil dua kelas sehingga sampel penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas VII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode observasi, metode tes dan metode angket.
Hasil analisis penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar kognitif dan kemampuan berfikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Pada pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t. Pada uji t-test hasil belajar kognitif, diperoleh harga thitung sebesar 2,490 dan untuk uji t-test kemampuan berfikir kreatif, diperoleh harga thitung sebesar 3,186. Dengan harga ttabel dengan dk=n_1+n_2- 2 = 62 adalah 2,000 dengan taraf kesalahan relatif 5%, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Pada uji gain, diperoleh peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen meningkat sebesar 0,504 dan untuk uji gain kemampuan berfikir kreatif siswa, diperoleh peningkatan pada kelas eksperimen meningkat sebesar 0,253. Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dinilai efektif untuk peningkatan hasil belajar kognitif dan kemampuan berfikir kreatif siswa dengan nilai rata-rata angket respon model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) sebesar 83,229.
Kata Kunci : NHT (Numbered Head Together), Hasil Belajar Kognitif, Kemampuan Berfikir Kreatif.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain