Skripsi
Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Beribadah Pada Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015 (Studi Mata Pelajaran Fiqih Sub Bab Shalat Janazah)
Pembelajaran fiqih adalah pembelajaran yang berkaitan dengan materi ibadah, Salah satunya tentang shalat jenazah, dimana siswa harus paham teori maupun dalam prakteknya. Sehingga diharapkan siswa dapat mempraktikan dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi pada kenyataannya, mereka belum begitu menguasai materi ini. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan dalam pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan metode demonstrasi dalam materi shalat jenazah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Untuk mengetahui kegiatan pembelajaran mata pelajaran fiqih di Madarasah Aliyah Negeri Kalibeber (2). Untuk mengetahui Implementasi metode demonstrasi di Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber (3). Untuk mengetahui keterampilan beribadah siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber. (4). Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi untuk meningkatan keterampilan beribadah di Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif lapangan, objek penelitian ini bertempat di Madrasah aliyah Negeri Kalibeber, sumber data yang diperoleh, data primer adalah siswa kelas x dan guru mata pelajaran fiqih, dan data yang relevan dengan penelitian dan hasil observasi penelitian di lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Populasi dan sempelnya adalah siswa kelas x yaitu berjumlah 33 siswa, Metode keabsahan data menggunakan uji validitas dan reabilitas. Metode analisis data menggunakan analisis pendahuluan dan analisis lanjutan. Hasil dari analisis dengan rumus korelasi product moment diperoleh hasil rhitung sebesar 0,703, selanjutnya hasil tersebut dikonsultasikan dengan rtabel product moment pada taraf signifikansi 1% dengan n=33 diperoleh nilai rtabel sebesar 0,442 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan n=33 diperoleh nilai rtabel sebesar 0,344 dengan demikian maka hasil perhitungan koefisien korelasi tersebut rhitung>rtabel, atau (0,703>0,442>0,344) sehingga hipotesa kerja yang diajukan dalam penelitian ini terbukti, karena hasil penelitian membuktikan bahwa ternyata ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan diterapkannya Metode demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan beribadah siswa kelas x di Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Keterampilan Beribadah, dan Shalat Jenazah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain