Skripsi
Aplikasi Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di Smp N 1 Pegadongan Kabupaten Banjaenegara Tahun 2014
Selama ini banyak pendidik yang masih menerapkan metode yang sifatnya
kurang efektif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga kurang bisa
memahami penjelasan yang telah disampaikan oleh bapak ibu guru. Sedangkan
Pendidikan Agama Islam di sekolah, dalam pelaksanaannya saat ini masih sebatas
sebagai proses penyampaian pengetahuan tentang Agama Islam. Metode
demonstrasi merupakan salah satu metode mengajar yang tidak pernah lepas pada
proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi- materi
yang berkenaan dengan ibadah seperti sholat dan wudhu. Dimana penerapan
metode demonstrasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas intelektual peserta
didik baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam penelitian ini,
penulis bertujuan untuk mendeskripsikan tentang metode pembelajaran, aplikasi
metode demonstrasi, pemahaman siswa setelah diterapkan metode demonstrasi
serta faktor pendukung dan penghambatnya pada bidang studi PAI di SMP N 1
Pagedongan Kabupaten Banjarnegara.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Untuk
pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Subjek penelitian dari penelitian ini ialah kepala sekolah, guru
bidang studi PAI, dan siswa. Untuk analisis data peneliti menggunakan analisis
data deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini ialah metode pembelajaran PAI yang digunakan di
SMP N 1 pagedongan Kabupaten Banjarnegara diantaranya metode ceramah,
metode tanya jawab, metode demonstrasi, dan metode diskusi. Aplikasi metode
demonstrasi di SMP N 1 Pagedongan Kabupaten Banjarnegara sangat efektif,
siswa terlibat secara langsung dan ahtif dilingkungan belajarnya. Pemahaman
siswa pada bidang studi PAI di SMP N 1 Pagedongan Kabupaten Banjarnegara
setelah diterapkannya metode demonstrasi menjadi lebih baik, hal ini ditandai
dengan kemampuan siswa yang sudah bisa mempraktekan materi yang diajarkan.
Sedangkan faktor pendukung aplikasi metode demonstrasi di SMP N 1
Pagedongan Kabupaten Banjarnegara diantaranya kedisiplinan guru datang tepat
waktu dan tersedianya media di sekolah serta faktor penghambatnya ialah
keterbatasan sarana dan prasarana, keterbataan waktu, dan keadaan psikologis
siswa.
Kata Kunci: Metode demonstrasi, pemahaman, Pendidikan Agama Islam.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain