Skripsi
Penerapan Strategi Pembelajaran Pakem Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp Negeri Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016
Pendidikan merupakan hal yang sangat esensial dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam sistem masyarakat (khusus pendidikan dasar) dilakukan dengan progam The Creating Learning Communities for Children (CLCC) program yang bekerjasama dengan UNESCO dan UNICEF. Progam tersebut memuat tiga komponen, yaitu School Based Management (SBM), Community Participan (CP) dan Active, Joyful and Efective Learning (AJEL). Tiga komponen tersebut saling berkaitan dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Di Indonesia upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terus dilakukan, baik dalam segi penguasaan materi maupun dalam penguasaan metode pembelajaran. Dalam pembelajaran disekolah pengertian AJEL dipadankan dengan istilah PAKEM (Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).
PenulisanskripsidalamjudulStrategipembelajaran PAKEM dalammeningkatkanminatbelajarsiswa di SMPN 1 Banjarmangutahunpelajaran 2015/2016.BertujuanunukMendeskripsikanPenerapan strategi pembelajaran PAKEM mata pelajaran PAI pada siswa di SMP Negeri 1 Banjarmangu, Dampak penerapan strategi pembelajaran PAKEM pada siswa di SMP Negeri 1 Banjarmangu.Denganmenggunakanpendekatanpenelitiankualitatif.Untukpengumpul data menggunakanmetodemetode wawancara, observasi, dokumentasi.Sedangkananalisispenulismenggunakandeskriptifanalitikyaituberupa data tertulisataulisandari orang dandaripengamatanpembelajaransehinggapenulismenggambarkandengansesuaidenganapa yang dilihatnya. HasildarianalisisdalampenulisanskripsiinidapatmengetahuiPenerapan strategi pembelajaran PAKEM mata pelajaran PAIdi SMP Negeri 1 Banjarmangu.
Kata Kunci : PAKEM, Strategi, Pembelajaran
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain