Skripsi
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Surat Al-Mujahadalah Ayat 11-12 Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islam
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya bangsa indonesia mengalami dekadensi moral, oleh karena itu pemerintah mencanangkan program pendidikan karakter untuk mengantisipasi krisis moral yang lebih serius. Karakter merupakan salah satu bagian yang sangat diperhatikan dalam Al-Qur’an. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu sarana pengembangan karakter. Di dalam Al-Qur’an ada begitu banyak nilai-nilai karakter yang dapat diacu dalam melaksanakan pendidikan karakter, yang mana nilai-nilai tersebut tentunya akan lebih relevan dan sejalan dengan tujuan pendidikan karakterer. Oleh karena itu nilai-nilai pendidikan karakter yang terpenting dalam pendidikan perlu dikembangkan dan disosialisasikan oleh semua pihak satuan pendidikan agar tercapainya tujuan pendidikan karakter. Pada surat Al-Mujadalah ayat 11-12 memiliki kandungan nilai-nilai karakter yang patut untuk digali dan dikembangkan lebih lanjut, karena itu penelitian ini diharapkan dapat menggali nilai-nilai karakter yang ada didalamnya, dan mengimplementasikannya dalam Pendidikan Agama Islam di sekolah.
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan beberapa metode yang diantaranya adalah metode library research, yaitu berusaha mencari, mengumpulkan, menyusun, membaca, serta menganalisis buku-buku yang berkaitan dengan skripsi. Sedangkan analisis datanya penulis menggunakan metode analisis isi (content analysis), metode induktif dan metode analitis (tahlili).
Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terpenting dalam pendidikan yaitu nilai karakter jujur yang bersumber dari olah hati, nilai karakter cerdas yang bersumber dari olah pikir, nilai karakter tangguh yang bersumber dari olah raga, nilai karakter peduli yang bersumber dari olah rasa dan karsa. Pada surat Al-Mujadalah ayat 11-12 terdapat nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya adalah nilai karakter relegius, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, menghargai prestasi, gemar membaca. Nilai-nilai pendidikan karkater tersebut dapat diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar pendidikan agama islam di kelas guru sebagai model dari karakter yang diajarkan, tetapi juga lewat lingkungan pendidikannya yaitu sekolah yang berkarakter. Dalam pendidikan karakter beberapa metode yang dapat dipakai antara lain yaitu dengan pendekatan rangsangan-jawaban dengan cara melalui latihan, tanya jawab, mencontoh dan penyampaian informasi secara teoritis dengan metode ceramah, diskusi, metode targhib dan Tarhib, pembiasaan dan qudwah.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Al-Qur’an, Pendidikan Agama Islam
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain