1,721 maupun 2,518. karena thitung> ttabel. Maka dari hasil penelitian dapat diinterpretasikan bahwa dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Fiqih materi wudhu di kelas II MI Hidayatussibyan Wadaslintang tahun pelajaran 2015/2016 . Kata Kunci: Penggunaan, Metode Demonstrasi, Fiqih, Prestasi Belajar " />
Skripsi
Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Pokok Bahasan Wudhu Siswa Kelas Ii Mi Hidayatussibyan Wadaslintang Tahun Pelajaran 2015/2016
Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fiqih dengan menggunakan metode demonstrasi pada pokok bahasan Wudhu di kelas II MI Hidayatussibyan Wadaslintang Tahun Pelajaran 2015/2016 dan Untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar fiqih pada pokok bahasan Wudhu siswa kelas II pada MI Hidayatussibyan Wadaslintang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan. Menurut Moleong pendekatan kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian misalnya perilaku, peresepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain, secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata atau bahasa. Untuk menganalisi signifikansi peningkatan prestasi belajar sebelum menggunakan strategi demonstrasi dengan hasil belajar setelah menggunakan demonstrasi digunakan uji t-test
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih Materi Wudhu di Kelas II MI Hidayatussibyan Wadaslintang Tahun Pelajaran 2015/2016 langkah-langkah yang digunakan dalam metode demonstrasi pada pembelajaran yang pertama adalah perencanaan, pelaksanaan, selanjutnya ketiga adalah evaluasi, sebagai tindak lanjut guru memberikan evaluasi. Rata-rata nilai pretest dan postest kelas adalah 68,57 dan 76,90; Ini berarti bahwa besar peningkatan rata-rata nilai tes setelah melakukan pembelajaran dengan metode demonstrasi dibanding sebelumnya adalah 8,33. Berdasarkan perhitungan analisis data menggunakan rumus uji t di atas, diperoleh t_"hitung" =4,527, berdasarkan ketentuan dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 4,527> 1,721 maupun 2,518. karena thitung> ttabel. Maka dari hasil penelitian dapat diinterpretasikan bahwa dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Fiqih materi wudhu di kelas II MI Hidayatussibyan Wadaslintang tahun pelajaran 2015/2016
.
Kata Kunci: Penggunaan, Metode Demonstrasi, Fiqih, Prestasi Belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain