Skripsi
Efektivitas Penerapan Media Visual Dalam Peningkatan Minat Belajar Matematika Kelas Ii Mi Ma'arif Talunombo Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahuimengetahui penerapan media visual di kelas II MI Ma’arif Talunombo Tahun Ajaran 2015/2016, minat belajar matematika siswa di kelas II MI Ma’arif Talunombo Tahun Ajaran 2015/2016, dan peranan media visual dalam peningkatkan minat belajar matematika siswa kelas II MI Ma’arif Talunombo Tahun Ajaran 2015/2016.
Dalam skripsi ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan secara langsung terhadap anak terhadap suatu proses melalui beberapa tahap yang disenut siklus. Dalam skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif adalah suatu proses penelitian untuk menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka Observasi yaitu Untuk mengetahui perkembangan keaktifan belajar siswa dan kegiatan guru dalam mengajar dilakukan teknik observasi (pengamatan). Sedangkan Dalam penelitian ini menggunakan Analisis data dilakukan dalam suatu penelitian untuk menarik kesimpulan dari seluruh data yang telah diperoleh. Data-datayang dianalasis adalah hasil observasi aktivitas guru dan siswa,hasil wawancara,hasil catatan lapangan, dan hasil evaluasi siswa. Data berupa hasil observasi aktivitas guru, hasil wawancara, dan hasil catatan lapangan dianalisis berupa deskripsi dalam bentuk penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penerapan media visual di kelas II MI Ma’arif Talunombo pada Siklus I menunjukkan bahwa penggunaan media visualkurang maksimal karena prosentase yang diperoleh 72,92%. Minat belajar matematika siswa setalah guru menggunakan media visual ini banyak siswa yang aktif ini terlihat dengan siswa mendengarkan penjelasan guru. Peranan media visual pada mata pelajaran matematika tentang operasi hitung perkalian pada siswa kelas II MI Ma’arif Talunombo dinyatakan tuntas dilihat dari penilaian tes hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas yaitu 65 dengan siswa yang tuntas yaitu sebanyak 6 siswa dari 10 jumlah siswa kelas II sehingga prosentase yang diperoleh sebesar 63,7%
Kata Kunci: Media Visual, Minat belajar, Matematika
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain