Skripsi
Pengajaran aqidah akhlak pengaruhnya terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII A di Mts Riyadusholihin Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016
Konsep akhlak mencakup segala sesuatu itu dinilai baik atau buruk, terpuji atau tercela semata-mata karena syara menilainya demikian. Nilai-nilai akhlak yang mengandung keteraturan hubungan antar sesama manusia itu sangat mendapatkan perhatian dalam dunia Islam. Kecerdasan spiritual mengajarkan kepada manusia bahwa kita bukan hanya ada di dalam dunia, tetapi benar-benar adalah ada di dalam dunia. Disini orang yang cerdas secara spiritual cenderung untuk tidak saja berbuat dan bertanggung jawab bagi dirinya, tetapi juga berbuat dan bertanggung jawab terhadap dunia secara keseluruhan. Digambarkan pula, kecerdasan spritual itu identik dengan hati nurani, yaitu pedoman tersembunyi yang mampu membawa seseorang ke jantung segala sesuatu. Dari berbagai perkembangan tentang kecerdasan spritual tersebut yang semuanya berhubungan dengan otak manusia, maka kecerdasan manusia bisa dibentuk sejak usia dini baik di dalam kandungan (waktu masih bentuk janin), semasa mengikuti pendidikan mulai dari dasar sampai perguruan tinggi juga yang terpenting lagi dengan perlakuan yang diberikan oleh orang tua dan lingkungan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dimana analisis yang digunakan adalah analisis statistik, guna mencari tingkat korelasi atau yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Penelitian kuantitatif mempunyai konsekuensi bahwa seorang peneliti harus bekerja dengan angka-angka sebagai perwujudan dari semua yang diamati. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan wawancara. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dengan menggunakan rumus product moment.
Berdasarkan analisis korelasi product moment menunjukan ada pengaruh antara pengajaran aqidah akhlak terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIIIA di MTs Riyadusholihin Purwareja Klampok dengan tingkat korelasi sebesar 0,742. Hasil korelasi tersebut apabila dikonsultasikan dengan r tabel product moment pada taraf signifikasi 1% dengan N : 40 diperoleh angka sebersar 0,403 dan signifikasi 5% dengan N : 40 diperoleh angka sebersar 0,312, dengan demikian maka rhitung > rtabel artinya bahwa ada pengaruh antara pengajaran aqidah akhlak terhadap kecerdasan spiritual siswa. Nilai koefisien korelasi tersebut bernilai positif. Hal ini menunjukkan bahwa kenaikan skor variabel x akan diikuti oleh peningkatan pada skor variabel y. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi, maka koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,742 termasuk pada kategori tinggi dan signifikan, artinya koefisien tersebut dapat digeneralisasikan atau dapat berlaku pada seluruh populasi dimana sampel yang 40 siswa diambil.
Kata Kunci : Pengajaran Aqidah Akhlak, Kecerdasan Spiritual.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain