Skripsi
Penerapan Metode Langsung Untuk Meningkatkan Kemampuan Maharoh Al-Kalam Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas Vii-B Mts Bani Haji Rosyid Ngadirejo Temanggung
Muhammad Makhamili: Penerapan Metode Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Mahǎroh al-Kalǎm dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII-B MTs Bani Haji Abdul Rosyid Ngadirejo Temanggung, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2016.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) di MTs Bani Haji Abdul Rosyid Ngadirejo Temanggung, dengan mengambil data primer melalui praktek mengajar langsung siswa Kelas VII-B. Data sekunder, diperoleh melalui literatur yang ada relevansinya dengan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, dan wawancara. Analisis memakai metode deduktif, induktif, dan deskriftif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1. Penggunaan metode langsung (Thorǐqoh Mubassyarah) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII di MTs Bani Haji Abdul Rosyid. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan terhadap preoleh nilai siswa yang manyoritas diatas KKM; 2. Dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Bani Haji Abdul Rosyid sangat dibutuhkan metode langsung, karena kemampuan Mahārah Kalām para siswa pada awalnya sangat lemah, adapun. Metode langsung melatih siswa untuk mandiri dan lebih bertanggung jawab. Pembelajan dengan Metode langsung untuk materi Mahārah Kalām dilakukan guru bahasa Arab, di mana perkembangannya dikendalikan dengan nilai; 3. Penerapan metode langsung efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar, apabila memperhatikan hal-hal sebagai berikut : a. Guru harus mengenal siswa pada saat proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa Arab berlangsung; b. Dalam pembuatan atau pemberian tugas guru harus jelas dan mudah dipahami serta sesuai dengan waktu, materi dan kemampuan siswa; c. Setiap kegiatan belajar mengajar siswa harus mendapat tugas yang tidak menjadi beban dan guru harus mengecek hasilnya; d.Tugas yang diberikan harus bisa memperluas pengetahuan dan membantu proses berfikir siswa.
Kata Kunci: Metode Langsung, Mahǎroh al-Kalǎm, MTs Bani Haji Abdul Rosyid.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain